Kamis, 08 Mei 2014

Bahasa Inggris: Simple Past Tenses

Tense (bentuk waktu) adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengindikasikan waktu, keberlanjutan, atau selesainya suatu tindakan yang dikaitkan dengan waktu ketika seseorang berbicara. Tense merupakan bagian fundamental dalam tata bahasa bahasa Inggris. Salah satu tense yang menjadi bahan ajar pokok dalam pembelajaran bahasa Inggris setiap tahunnya adalah simple past tense.

Dari pengalaman seorang pengajar yang telah mengajar bahasa Inggris selama sembilan tahun, dapat disimpulkan bahwa belajar simple past tense menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi sebagian besar peserta didik. Mengapa demikian? Karena simple past tense adalah bagian dari tata bahasa (grammar) dan itu berarti kita terikat dengan aturan-aturan grammatikal dan struktural. Aturan-aturan ketatabahasaan dalam simple past tense tersebut tentu saja bukan sesuatu yang boleh kita buat-buat sesuka hati.
Ada sejumlah ketentuan yang harus kita ikuti jika kita ingin menyelesaikan target pembelajaran terkait simple past tense. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sulit bukan berarti tidak dapat dikerjakan. Menakutkan bukan berarti tidak mungkin dihadapi. Pepatah inggris populer mengatakan “When there is a will and there is a way (Dimana ada kemauan maka disitu ada jalan)”. Dan tulisan ini adalah jalan yang dapat Anda pilih untuk belajar mudah simple past tense. Pelajarilah uraian di bawah ini.
Rumus simple past tense
Untuk dapat memahami simple past tense secara lebih menyeluruh, pelajarilah pengertian simple past tense dengan seksama berikut rumus dan contoh penggunaannya.
S + V Past (Regular/Irregular) + C
Di mana S=Subjek, V Past=Verb past (kata kerja lampau), Regular/Irregular=Beraturan/Tidak beraturan, Object/Complement=objek/pelengkap.
Fungsi simple past tense
Simple past tense memiliki 5 fungsi penggunaan. Di bawah ini adalah uraian tentang fungsi simple past tense lengkap beserta gambar pendukung, contoh kalimat dan maknanya.
1. Simple Past Tense dapat digunakan untuk berbicara tentang suatu tindakan yang dimulai dan selesai pada waktu tertentu di masa lalu. Kadang-kadang pembicara boleh saja tidak menyebutkan keterangan waktu terjadinya tindakan tersebut secara spesifik, tetapi ia telah memiliki kejelasan tentang terjadinya waktu tindakan di dalam pikirannya.
Contoh kalimat simple past tense:
  • I saw a movie yesterday (Saya menonton film kemarin).
  • I didn’t see a play yesterday (Saya tidak menonton pertunjukan kemarin).
  • Last year, I traveled to Japan (Tahun lalu, saya pergi ke Jepang).
  • Last year, I didn’t travel to Korea (Tahun lalu, saya tidak pergi ke Korea).
  • Did you have dinner last night? (Apakah kamu makan malam tadi malam?).
  • He didn’t wash his car (Dia tidak membersihkan mobilnya).
2. Simple past tense dapat digunakan untuk berbicara tentang serangkaian tindakan yang telah selesai dilakukan di masa lalu. Tindakan-tindakan tersebut terjadi secara berurutan atau biasa diungkapkan dengan menyebutkan urutan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Fungsi ke-2 ini dapat digambarkan sebagai berikut:
Gambar Simple past tense 1
Contoh kalimat simple past tense:
  • I finished work, walked to the beach, and found a nice place to swim (Saya selesai bekerja, berjalan ke pantai, dan mencari tempat yang bagus untuk berenang).
  • He arrived from the airport at 8:00, checked into the hotel at 9:00, and met the others at 10:00 (Dia tiba di bandara pukul 8:00, masuk ke hotel pukul 9:00, dan menemui rekan-rekannya pukul 10:00).
  • Did you add flour, pour in the milk, and then add the eggs? (Apakah kamu menambahkan tepung, mencampurkan susu, dan kemudian menambahkan telurnya?).
3. Simple past tense dapat digunakan untuk berbicara tentang sebuah durasi yang dimulai dan berhenti di masa lalu. Durasi yang berupa tindakan yang lebih lama sering ditandai dengan ekspresi seperti: selama dua tahun, selama lima menit, sepanjang hari, sepanjang tahun, dan lain-lain. Perhatikan ilustrasi di bawah ini:
Gambar simple past tense 2
Contoh kalimat simple past tense:
  • I lived in Brazil for two years (Saya tinggal di Brazil selama dua tahun).
  • Shauna studied Japanese for five years (Shauna belajar bahasa Jepang selama lima tahun).
  • They sat at the beach all day (Mereka duduk di pantai sepanjang hari).
  • They did not stay at the party the entire time (Mereka tidak berada di pesta sepanjang waktu).
  • We talked on the phone for thirty minutes (Kami berbicara di telepon selama tiga puluh menit).
  • A: How long did you wait for them? B: We waited for one hour.
4. Simple past tense juga dapat digunakan untuk menggambarkan kebiasaan yang berhenti di masa lalu. Fungsi ini mirip dengan fungsi “used to“. Biasanya untuk memperjelas bahwa kita sedang berbicara tentang kebiasaan, kita sering menambahkan ekspresi seperti: always (selalu), often (sering), usually (biasanya), never (tidak pernah), when I was a child (ketika saya masih kecil), when I was younger (ketika saya masih muda), dan lain-lain. Berikut adalah gambaran fungsi ke-4:
Gambar simple past tense 3
Contoh kalimat simple past tense:
  • I studied French when I was a child (Saya belajar bahasa Perancis ketika saya masih kecil).
  • He played the violin (Dia memainkan biola).
  • He didn’t play the piano (Dia tidak bermain piano).
  • Did you play a musical instrument when you were a kid? (Apakah kamu belajar memainkan alat music saat masih kecil?).
  • She worked at the movie theater after school (She bekerja di bioskop setelah pulang sekolah).
  • They never went to school, they always skipped class (Mereka tidak pernah pergi sekolah, mereka selalu ketinggalan pelajaran).
5. Simple past tense dapat digunakan untuk menggambarkan fakta-fakta masa lalu atau generalisasi yang sudah tidak lagi benar saat ini. Fungsi ke-5 ini juga sama dengan fungsi “used to”. Perhatikan gambar berikut:
Gambar simple past tense 4
Contoh kalimat simple past tense:
  • She was shy as a child, but now she is very outgoing (Dia dulu malu ketika masih anak-anak, tetapi sekarang dia sangat ramah).
  • He didn’t like tomatoes before (Dia tidak suka tomat sebelumnya).
  • Did you live in Texas when you were a kid? (Apakah kamu tinggal di Texas saat masih kecil?).
  • People paid much more to make cell phone calls in the past (Orang-orang membayar dengan harga yang jauh lebih tinggi untuk bias menelpon pada masa lalu).
Demikian artikel Belajar Tenses: Pengertian Simple Past Tense dan Fungsinya ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa Inggris terutama pelajaran tenses.

Tidak ada komentar: